Minggu, 01 Maret 2009

KTI ULASAN, GAGASAN SENDIRI

KARYA TULIS ILMIAH BERUPA TINJAUAN ATAU ULASAN ILMIAH GAGASAN SENDIRI *)
Oleh : M. Ashuri


I. PENDAHULUAN

Pengembangan Profesi adalah salah satu syarat untuk memenuhi Angka Kredit Kenaikan pangkat bagi guru, utamanya bagi mereka yang akan naik pangkat/golongan ke IV/b. Walaupun inti dan tujuan pengembangan profesi tersebut sebenarnya bukan itu, kenaikan pangkat/golongan sebenarnya merupakan reward setelah guru melaksanakan tugasnya dengan sebenar-benarnya.

Kegiatan pengembangan profesi guru adalah pengamalan (penerapan) keterampilan guru untuk peningkatan mutu belajar mengajar, atau menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dikbud. Jadi seperti yang sudah disebutkan di atas tujuan pengembangan profesi bukan untuk menambah guru dengan golongan IVa ke atas, tetapi untuk memperbanyak guru yang makin professional sebagai penghargaan bagi guru profesional, diberikan penghargaan, di antaranya kenaikkan golongannya.

Kegiatan pengembangan Profesi sebenarnya ada 5 kegiatan antara laian: KTI,
Teknologi Tepat Guna, Alat Peraga, Karya Seni dan Pengembangan Kurikulum. Sedangkan Karya Tulis Ilmiah ada 7 macam antara lain adalah:
1.1 Penelitian
1.2 Karangan Ilmiah berisi tinjauan atau ulasan ilmiah gagasan sendiri
1.3 Karangan Ilmiah Populer
1.4 Prasaran Seminar
1.5 Buku
1.6 Diktat
1.7 Terjemahan

Salah satu jenis Karya Tulis Ilmiah adalah Karangan Ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah gagasan sendiri namun kebanyakan rekan-rekan guru selalu mengejar untuk menulis karya ilmiah dari Laporan Penelitian dikarenakan oleh antara lain karena ketidak fahaman mereka atas jenis-jenis karya tulis ilmiah ataupun dikarenakan karya tulis ilmiah yang berasal dari Laporan Penenlitian angka kreditnya lebih besar. Untuk menambah wawasan para guru akan hal Karya Tulis Ilmiah, maka tulisan ini bermaksud sedikit mengurai, menjelaskan dan mencoba untuk memahami apa sebenarnya yang dimaksud dengan Karya Tulis Ilmiah berupa tinjauan atau ulasan ilmiah gagasan sendiri tersebut yang kemudian dapat berlatih untuk mencobanya sehingga kelak para guru dapat membuat karya tulis jenis ini dengan percaya diri.

Karya tulis atau makalah yang berisi tinjauan atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan apabila dipublikasikan dalam bentuk buku angka kreditnya 8 per buku sedangkan bila dimuat dalam majalah ilmiah angka kredit yang didapatkan adalah 4 per karya. Sedangkan apabila karya tersebut TIDAK dipublikasikan, tetapi didokumentasi di perpustakaan sekolah dalam bentuk buku angka kreditnya 7 per buku sedangkan bila dalam majalah ilmiah angka kredit 3,5 per karya. Jika karya tulis tersebut, setelah dinilai tidak dapat termasuk dalam salah satu dari macam karya tulis yang ada, maka karya tulis tersebut BELUM DAPAT diberi nilai (contoh: karya tulis yang berupa surat, skripsi, tesis, disertasi, bendelan laporan, kliping koran, atau kumpulan foto-foto, dan lain-lain).

II. PENGERTIAN

Karya Ilmiah atau Artikel yang dimaksud disini adalah merupakan karya ilmiah hasil pengkajian, gagasan konseptual dalam bidang pendidikan bukan yang lain. Jadi walaupun seorang guru telah menulis karya ilmiah baik berupa buku, artikel yang dimuat dalam majalah ataupun yang berbentuk naskah yang didokumentasikan untuk keperluan perpustakaan, apabila tulisan tersebut tidak ada hubungannya dengan pendidikan, maka karya tersebut sebagus apapun tidak dapat diterima menjadi angka kredit.

Artikel ini menelaah suatu teori, konsep, atau prinsip mengembangkan model, men- deskripsikan fakta/fenomena, menilai suatu produk. Penyajian dalam jurnal bervariasi, ketentuan menulis artikel non penelitian pada dasarnya sama dengan makalah pendek (maksimum 18 halaman). Dalam makalah pendek, biasanya tanpa abstrak dan kata kunci, sedang artikel non penelitian harus ada abstrak dan kata kunci.

KTI berbentuk tinjauan/ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri, meliputi:
Menyusun KTI berupa tinjauan/ulasan hasil gagasan sendiri sesuai dengan bidang yang diajarkan yang dipublikasikan.
Menyusun KTI berupa tinjauan/ulasan hasil gagasan sendiri sesuai dengan bidang yang diajarkan dalam diklat yang tidak dipublikasikan tetapi didokumentasikan di perpustakaan (Kepmendiknas No. 151/U/2003).
Karya Tulis atau Artikel ini termasuk Karya Tulis non penelitian karena jenis artikel ini merupakan hasil menelaah teori, konsep, atau prinsip, mengembangkan suatu model, menganalisis suatu fakta atau fenomena tertentu, atau menilai suatu produk.

Ada 4 hal pokok yang perlu diperhatikan dalam penulisan karya iilmiah:
1. apa yang akan ditulis/dilaporkan; hasil penelitian/survai, review, laporan
teknis, dsb.
2. media tempat tulisan dimuat, majalah, risalah, bagian dari buku
3. pembaca atau audience
4. keaslian, beda naskah dengan naskah lain pada subjek yang sama.Berdasarkan 4 hal tersebut dapat dengan jjelas ditentukan tujuan naskah/tulisan yang akan dihasilkan, kelengkapan data/bahan tulisan untuk selanjutnya dituangkan dalamfformat yang meliputi:
 pendahuluan
 teori
 hasil dan pembahasan
 kesimpulan

Beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman dalan penulisan Karya Ilmiah yang berupa tinjauan atau ulasan hasil gagasan sendiri diantaranya adalah:
Menyiapkan rancangan dengan baik, jika anda telah dapat menyiapkan rancangan dengan baik artinya anda telah memiliki good start untuk menulis.
Pedoman umum untuk mendiskripsikan analisis, pengorganisasian, dan pelaporan yang berhubungan dengan literatur adalah membuat kerangka penulisan.
Pengembangan kerangka penulisan mencakup idnetifikasi dan penyusunan topik-topik utama yang diikuti dengan pembedaan setiap topik utama ke dalam subheadings yang logis.
Berdasarkan pada tinjauan pada literatur atau referensi, Anda dapat mengidentifikasi dua atau lebih jurnal, artikel yang dapat dipublikasikan.
Topik yang menarik umumnya diangkat dari isu-isu terkini, spesifik, faktual, aktual, memiliki daya tarik, belum pernah dipublikasikan, tidak kedaluwarso, memiliki nilai publishing tinggi.
Panjang atau pendeknya tulisan serta tata tulisnya disesuaikan dengan persyaratan atau ketentuan dari publishers.
Isi dan format artikel, jurnal, makalah umumnya mirip dengan thesis atau disertasi, tetapi lebih pendek.
Penulisan referensi sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah.
Konfirmasi data, informasi, isu, masalah, dan substansi materi perlu (harus) dilakukan untuk memperoleh akurasi, validitas, reliabilitas, dan kebermaknaan sejati.
Konfirmasi dapat dilakukan dengan sumber data, pihak yang berwenang, atau yang terkait.

Karya ilimiah ini apabila dilanjutkan dengan penelitian di lapangan, maka karya tulis ini dapat menjadi penelitian dengan laporan penelitiannya, otomatis angka kreditnya akan lebih besar dari pada bila hanya berhenti pada gagasan saja tidak diteruskan menjadi sebuah penelitian.

III. SISTEMATIKA PENULISAN

3.1 JUDUL
Singkat, jelas atau spesifik dan mencerminkan isi: Singkat artinya tidak lebih dari 12 kata, jelas maksudnya tidak ambigu, dengan membaca judul orang sudah dapat menduga kemana arah tulisan tersebut dimaksudkan. judul yang terlalu panjang diusahakan diperpendek . Bila tidak mungkin, dapat ditulis menjadi dua bagian yaitu: judul dan subjudul. untuk memudahkan pembuatan indeks, judul hendaklah mengandung satu atau lebih kata kunci

3.2 ABSTRAK disertai kata kunci (optional):
Abstrak merupakan ringkasan dari isi tulisan ilmiah yang berisi masalah, tujuan penulisan, gagasan yang dikemukakan serta kesimpulan dari tulisan tersebut. Optional maksudnya tidak harus, banyak tulisan yang berupa tinjauan atau ulasan dari gagasan sendiri tidak menuliskan abstraknya. Ringkasan/rangkuman isi naskah, bersifat informatif, berdiri sendiri satu alinea, tanpa tabel, rumus, gambar dan acuan pustaka, menarik, mengandung informasi yang menimbulkan minat pembaca untuk membaca keseluruhan naskah. Tersusun tidak lebih dari 200 – 250 kata, dalam bhs. Indonesia & Inggris biasanya ditulis setelah naskah tersusun karya tulis ilmiah hasil penelitian memuat ringkasan tentang masalah, tujuan dan lingkup penelitian, pemecahan masalah, metode, hasil utama & kesimpulan. Hasil review memuat scope/lingkup, sumber yang diacu/digunakan, metode dan hasil utama & kesimpulan. Penulisannya diawali dengan judul karya tulis yang ditulis dengan huruf kapital, diketik lima ketukan dari margin kiri Karya tulis dalam bahasa Indonesia diawali dengan abstrak dalam bahasa Indonesia, kemudian abstrak dalam bahasa Inggris.
Berlaku sebaliknya untuk karya tulis dalam bahasa Inggris.

3.3 KATA KUNCI
Di bawah abstrak ditulis paling sedikit tiga kata kunci yang relevan
dengan isi karya tulis, demikian pula di bawah abstract ditulis
paling sedikit tiga key words yang sesuai dengan kata kunci pada
abstrak (bhs. Indonesia).Kata kunci harus benar-benar merupakan kata kunci dari isi makalah yang dibahas, berguna untuk pembuatan indeks atau data base.

3.4 PENDAHULUAN (latar belakang masalah, perumusan masalah disertai fakta):
Uraian singkat tentang pokok/latar belakang masalah, tujuan dan kepentingannya diulas, batasan/scope kegiatan, hipotesis ataupun teori yang digunakan, ungkapkan pula apa yang telah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain dan perbedaannya dari penelitian lain atau yang sebelumnya tentang hal serupa.
Pendahuluan berisi uraian yg mengantarkan pembaca pada topik utama yang dibahas, menguraikan hal yang menarik pembaca sehingga “tergiring” untuk mendalami bagian selanjutnya. Bagian akhir pendahuluan hendaknya diakhiri dengan rumusan singkat tentang hal-hal pokok yang dipermasalahkan dan akan dibahas ( 1 – 2 kalimat)

3.5 KAJIAN TEORI/PUSTAKA YANG RELEVAN:
Diperlukan terutama bila persoalan yang dibahas didasarkan atas teori tertentu, atau penulis hendak mengetengahkan teori yang belum pernah dilaporkan, teori tersebut perlu diuraikan secara rinci.Untuk karya tulis hasil eksperimen dan hasil survei, penguraian teori secara rinci akan mampu memperjelas latar belakang penelitian yang diungkapkan pada pendahuluan. Untuk karya tulis hasil tinjauan pustaka dan bahasan teoritis, pengungkapan teori akan dapat mempermudah uraian yang akan disampaikan pada pembahasan. Untuk karya tulis rancang bangun, penyampaian teori akan memperjelas penalaran yang mengarah kepada penyuntingan metode analisis yang relevan dalam pekerjaan rancang bangun. Secara umum terdapat bagian yang perlu menjadi fokus permasalahan, adanya teori yang akan dipakai dasar pembahasan masalah (relevan dgn rumusan masalah), ulasan/ pembahasan/analisis (gagasan penulis dpt disertai data) dan kesimpulan

3.6 ANALISIS/PEMBAHASAN (GAGASAN/IDE PENULIS):
Pembahasan yang dilakukan haruslah objektif dan sesuai dengan data yang diperoleh (Tabel atau Gambar) memperhatikan ataupun merujuk pula hasil penelitian lain ataupun terdahulu. ungkapkan pula keterbatasan ataupun limitasi dari hasil yang diperoleh dan periksa apakah hasil yang diperoleh telah sesuai dengan maksud dan tujuan
penelitian tersebut, ungkapkan pula saran ataupun penelitian lanjutan yang perlu dilaksanakan.
3.7 KESIMPULAN (MENJAWAB MASALAH): P
Pada bagian ini ungkapkan esensi dan arti penting dari hasil penelitian tanpa mengulangi apa yang telah diungkapkan dalam bagian diskusi. Kesimpulan ini adalah kesimpulan menyeluruh hasil penelitian dan bukan kesimpulan dari bagian-bagian penelitian ataupun percobaan.
Istilah penutup sering digunakan sebagai bagian akhir artikel non penelitian, jika isinya hanya berupa catatan akhir. Jika uraian pada bagian akhir berisi kesimpulan hasil pembahasan bagian sebelumnya, perlu masuk kekesimpulan. Artikel non penelitian membutuhkan kesimpulan.
Ada juga beberapa artikel non penelitian yang dilengkapi saran. Bila perlu seyogyanya ditempatkan pada bagian tersendiri.

3.8 DAFTAR RUJUKAN/PUSTAKA:
Daftar rujukan harus lengkap dan sesuai dengan rujukan yang disajikan dalam batang tubuh artikel ilmiah. Bahan pustaka yang dimasukkan dalam daftar rujukan harus sudah disebutkan dalam batang tubuh artikel. Demikian pula semua rujukan yang disebutkan dalam batang tubuh harus disajikan dalam daftar rujukan/pustaka.
Semua bahan acuan dalam bentuk jurnal, buku ataupun naskah ilmiah yang digunakan sebagai referensi/acuan ditulis pada bagian ini. Reference yang dirujuk haruslah yang benar-benar mempunyai kontribusi nyata dalam penelitian tersebut.
1. Pustaka (reference) dapat diacu dengan 2 cara :
penomoran dalam superscript atau tanda kurung
- dalam pustaka 2 ……….
- dalam pustaka [2] ……..
2. Tahun dalam tanda kurung, struktur enzim ini juga telah dilaporkan oleh peneliti sebelumnya (Dardel et al., 1984)

CONTOH PENULIISAN PUSTAKA
Buku, tanpa editor
3. CHUM, H. L.; BAIZER, M. M., The Electrochemistry of Biomass and Derived Materials, ACS Monograph 183, American Chemical Society: Washington, DC, 1985;134-157.
4. STOTHERS, J. B.,Carbon-13 NMR Spectroscopy; Academic Press, New York, 1972; Chapter 2.
Buku dengan editor
5. KOLAR, G. F. In Chemical Carcinogens, 2nd ed., Searle, C. E., Ed., ACS Monograph 182, American Chemical Society, Washington DC, 1984; Vol. 2,
Chapter 14.
6. HAMMOND, C. R., The Element, Handbook of Chemistry and Physics, 45th ed., Weats, C. R., Selby, S. M., and Hodgman, C. D., Eds., The Chemical Rubber Co. Cleveland 1964; 27-47.

3.9 Penggunaan Tabel dan Gambar
Dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah, terkadang harus mencantumkan tabel dan gambar, baik yang dibuat sendiri maupun mengutip dari sumber lain. Tabel merupakan susunan dari bahan-bahan yang mengandung angka-angka yang dibuat secara sistematis, biasanya terdiri dari beberapa kolom. Sedangkan yang dimaksud dengan gambar adalah bentuk-bentuk tertentu yang tidak dapat dikategorikan sebagai tabel, misalnya cetak biru (blueprint atau bestek), bagan atau denah, lukisan, grafik, peta, dan sejenisnya.


3.10 Nama penulis
Tanpa gelar akademik atau gelar apapun, ditulis di bawah judul. Sedang lembaga tempat penulis bekerja ditulis di catatan kaki halaman pertama. Kalau lebih dari satu penulis ditulis penulis utama

IV. PENGORGANISASIAN ISI

4.1 Mengidentifikasi tipe isi
Isi yg dimaksud dapat berupa fakta, konsep, prosedur, dan prinsip
· tipe isi konsep menekankan uraian tentang “apanya”
· tipe isi prosedur menekankan tentang “bagaimana”
· tipe isi prinsip menekankan tentang ”mengapa”

4.2 Menetapkan Struktur

· Struktur Isi Mengacu Pada Kaitan Antar Isi
· Isi mana yang perlu diuraikan lebih dahulu, mana yang kemudian, dan seberapa dalam/rinci setiap isi perlu diuraikan
· Jika isi berupa konsep, sebaiknya ditata dalam struktur konseptual
· Jika isi berupa prosedur, sebaiknya ditata dalam penggunaan struktur prosedur
· Jika isi berupa prinsip, sebaiknya ditata dalam struktur teoretik

4.3 Menata isi ke dalam struktur

Jika hasil langkah kedua mengarah ke pembuatan struktur konseptual, maka langkah berikutnya adalah memilih semua konsep penting yang akan diuraikan dan menatanya menjadi suatu struktur yang bermakna, yang secara jelas menunjukkan keterkaitan antar konsep

4.4 Menata urutan isi

Urutan berpijak pada struktur, dengan langkah sebagai berikut:
· Paparkan sruktur isi pada bagian paling awal dari artikel. Struktur isi bagian penting artikel dijadikan kerangka acuan paparan isi
· Paparkan isi terpenting pada bagian pertama. Jika konsepnya berprasyarat, konsep prasyarat perlu dipaparkan lebih dahulu
· Sajikan isi bertahap dari umum ke rinci. Setiap paparan suatu bagian sebaiknya selalu ditunjukkan kaitannya dengan isi yang lain.

4.5 Mendiskripsikan Isi

· Setelah langkah tersebut dilakukan, penulis membuat paparan isi sesuai dengan urutan yg telah ditetapkan sebelumnya.
· Dalam memaparkan isi upayakan menggunakan tahapan tingkat umum terinci. Dengan cara ini, tingkat sajian yg lebih umum akan menjadi pijakan bagian sajian isi.

V. PENYAJIAN

Karya Tulis yang berupa tinjauan atau ulasan hasil gagasan sendiri ini dapat disajikan:
· Yang dipublikasikan (melalui media masa termasuk website).
Format/bentuk penyajian untuk Karya Tulis Ilmiah yang dipublikasikan diserahkan
sepenuhnya pada mekanisme editorial yang dilakukan oleh pihak penerbit ataupun
redaktur dari majalah/media massa, atau pengelola website tersebut.
· Yang tidak dipublikasikan(didokumentasikan berbentuk buku atau makalah).
Format penyajian untuk karya tulis yang tidak dipublikasikan diatur sebagaimana sistematika tersebut di atas dengan lebih detilnya sebagai berikut:
Cara penulisan yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia sebagaimana ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional
Penomoran bagian-bagian Isi:
Penomoran bagian-bagian isi dilakukan berdasarkan ketentuan umum yang lazim sesuai dengan urutan turunan penjelasan. Untuk bab digunakan angka romawi (I, II dst.), sedangkan bagian-bagian dari bab digunakan huruf kapital, angka arab dan seterusnya.
Angka romawi menunjukkan bab. Huruf kapital menunjukkan sub bab, dan seterusnya untuk rincian berikutnya. Perlu diperhatikan disini adalah kesesuaian judul (sub judul) yang berkaitan. Maksudnya bila judul untuk sub-bab menggunakan kata benda, maka semua sub-bab yang lainnya juga menggunakan kata benda. Demikian juga untuk rincian yang lain.
· Alenia atau paragraf.
1.Kesatuan (Unity)
Setiap paragraf hanya mengandung satu gagasan utama. Salah satu cara yang baik untuk menghindari adanya campurnya beberapa gagasan utama dalam satu paragraf ketika mengembangkan paragraf adalah kalimat intai atau kalimat kunci (topic sentence)
2.Pengembangan (expansion)
Suatu alinea sebaiknya tidak hanya terdiri dari satu kalimat (gagasan utama saja). Suatu alinea yang utuh biasanya meliputi gagasan utama (kalimat inti) dan pengembangannya. Ada banyak peluang untuk mengembangkan gagasan utama. Merinci atau menjelaskan unsur-unsur gagasan utama merupakan salah satu peluang tersebut. Contoh lainnya, jika tekanan akan diberikan pada hubungan sebab-akibat, maka uraian dapat diarahkan untuk menjawab pertanyaan “mengapa”.
3.Koherensi
Suatu alinea yang baik akan memudahkan pemahaman dan mengikuti gagasan utama dan dukungannya. Hal ini sangat ditentukan oleh kesatuan dan pengembangan alinea tersebut. Selain itu, sistematika dan urutan dalam
penyampaian gagasan juga penting. Untuk itu, gunakanlah kata kunci dan kata atau frasa penghubung yang sesuai (misalnya: karena itu, dengan demikian, dsb) sebagai sarana untuk mengendalikan kejelasan dan konsistensi.
4.Kalimat efektif
Kesatuan, kejelasan, dan konsistensi hanya dapat dicapai dengan menyusun kalimat efektif. Oleh sebab itu, perhatikan struktur kalimat (subyek, predikat, keterangan, dan seterusnya) agar kalimat yang tersusun bukan kalimat yang rancu.
5.Penulisan
Mulai penulisan suatu alinea selalu menjorok ke dalam pada ketukan keenam. Jika dalam suatu alinea terdapat kalimat yang penghabisannya tidak sampai penuh ke marjin kanan, maka kalimat berikutnya (untuk alinea yang sama) harus menggunakan ruang yang tersisa. Jadi tidak dimulai dari marjin kiri. Perlu diperhatikan bahwa dalam penulisan harus rata kanan, kecuali ujung kalimat terakhir pada alinea yang bersangkutan.

6.Penggunaan Catatan Kaki
Penggunaan data atau gagasan pihak lain yang belum dianggap umum (sebagai milik publik) harus ditunjukkan sumbernya (referensi) dengan memberikan catatan kaki. Perlu ditegaskan pula bahwa terdapat cara-cara lain yang bisa digunakan untuk keperluan ini, tetapi untuk Karya Tulis Ilmiah yang ditetapkan adalah penggunaan catatan kaki.

· Marjin (Batas Tepi Teks), Spasi (Jarak baris), dan Ukuran kertas
Untuk Karya Tulis Ilmiah yang didokumentasikan dalam bentuk makalah, marjin yang ditetapkan adalah sebagai berikut:
a. marjin kiri = 1,5 inci
b. marjin kanan = 1 inci
c. marjin atas = 1,5 inci
d. marjin bawah = 1,5 inci
Spasi dalam teks makalah adalah dua spasi, sedangkan untuk kutipan langsung yang lebih dari empat baris, catatan kaki dan daftar pustaka, jarak baris adalah satu spasi (jarak antar catatan kaki atau unsur dalam daftar pustaka adalah dua spasi). Ukuran kertas yang diperkenankan untuk penulisan Karya Tulis Ilmiah adalah kertas putih kuarto (Q4 / 8,5 inci x 11 inci) dengan berat 60 – 80 gram.

· Penomoran Halaman
Nomor halaman menggunakan angka arab (1, 2, dst) dan diberikan secara
berurutan dari Bab I hingga daftar pustaka. Untuk nomor halaman pada Bagian Pendahuluan (kecuali halaman judul) digunakan angka romawi kecil (i, ii, iii, iv, dst).

· Penggunaan Kutipan
Pada dasarnya terdapat dua cara untuk mengutip suatu sumber, yaitu secara
langsung (asli) dan secara tidak langsung (menyadur). Kutipan langsung adalah kutipan yang mengambil secara persis kata demi kata dari sumbernya. Sedangkan kutipan secara tidak langsung adalah kutipan yang sudah diubah dengan kata-kata sendiri. Kedua jenis kutipan tersebut diperkenankan dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan kutipan, yaitu:
a. Kutipan haruslah relevan dengan masalah yang sedang dibahas dan hendaknya tidak terlampau panjang.
b. Jika penyaduran (kutipan tidak langsung) mengakibatkan perubahan arti dan kesalapahaman, maka kutipan langsung merupakan pilihan terbaik.

VI. ALASAN KARYA TULIS ILMIAH DITOLAK

Seringkali para pengusul pengembangan profesi khususnya penulisan karya ilmiah kecewa dikarenakan karyanya tidak dinilai ataupun diterima. Untuk itu perlu dikemukakan disini dasar-dasar penolakan karya ilmiah tersebut diantaranya adalah:
Tidak Asli
Tidak ada pengesahan
Kadaluwarsa
Bukan Bidang Pendidikan
Tidak jelas jenis KTI nya
Formatnya tidak sesuai pedoman
Tidak mengikuti alur berpikir ilmiah
Masalahnya tidak berkaitan dengan pengembangan profesi widyaiswara
Kajian teori/pustaka tidak sesuai/lengkap
Metodologi tidak tepat
Analisis tidak tepat
Hasil pemilihan tidak sesuai/tepat
Gagasan penulis tidak tampak
Antara bab satu dengan yang lain seimbang/konsisten
Kesimpulan tidak sesuai

Untuk menghindari penolakan Karya Tulis Ilmiah yang sudah dibuat, seharusnya penulis memahami apakah tulisan yang telah dibuat sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang disyaratkan untuk keperluan angka kredit bagi jabatan fungsional guru. Mudah-mudahan dengan memahami materi yang disajikan ini para guru dapat lebih percaya diri dan tahu persis tulisan yang dibuat masuk dalam kategori tulisan mana yang termasuk Karya Tulis yang dapat diterima oleh Tim Penilai Angka Kredit.




DAFTAR BACAAN:

Gunawi.2005.”Pengantar Penulisan Karya Tulis Ilmiah Populer”. Bahan diklat KTI tidak dipublikasikan

Rochestry Sofyan.2007. “Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah”. Available at http://www.127.001:4664/&s

______________. 2007.”Penyajian Karya Tulis Ilmiah”. Available at http://www.wBOk61rXvOfAjREw4w2xydoxoIU

Supardi.2006.”Menyusun Artikel Ilmiah”. Bahan diklat KTI tidak dipublikasikan

Suhardjono.2006.”Karya Tulis Ilmiah”. Bahan diklat KTI tidak dipublikasikan

Tidak ada komentar: